Powered By Blogger

Selasa, 15 Maret 2011

Kebiasaan menjadi orang kaya dan sukses

Banyak yang berfikir, bagaimana caranya agar bisa secara materil dengan waktu cepat. Tapi sedikit diantara kita nggak memikirkan arti kaya yang sebenarnya. Kebiasaan sangat menentukan arah yang akan dilalui. Ada beberapa motivasi menuju kekayaan dan keberhasilan:

Ucap Syukur
Ini adalah kebiasaan istimewa yang bisa mengubah hidup selalu menjadi lebih baik, dan agamapun mendorong kita untuk selalu bersyukur. Tentunya bukan untuk hal-hal yang baik saja tapi juga dalam kesusahan.
Memang sulit untuk beryukur, namun kita bisa belajar secara bertahap. Mulailah mensyukuri kehidupan, kesehatan, nikmat, dan sebagainya. Lama kelamaan anda akan bisa bersyukur dalam segala hal, termasuk dalam kesusahan.

Berfikir Positif
Hidup kita dibentuk oleh apa yang paling kita pikirkan. Kalau selalu berfikir positif, kita cenderung berkepribadian yang yang positif. Jadikan berfikir positif sebagai kebiasaan, dan lihat lihatlah betapa banyak hal-hal positif yang akan dialami.

Berempati
Kemampuan berhubungan dengan orang lain merupakan kelebihan yang banyak dimiliki orang sukses. Dan salah satu unsur penting dalam berhubungan dengan orang lain adalah empati (kemampuan untuk memandang dari sudut pandang orang lain).
Meski nggak semua orang mudah berempati, tapi kita bisa belajar dengan membiasakan diri dengan menjadi pendengar yang baik, belajar nenempatkan diri pada posisi orang lain, belajarlah melakukan apa yang ingin orang lain lakukan.

Mendahulukan Yang Penting
Pikirkan dan dahulukanlah apa saja yang paling penting. Jangan biarkan hidup kita terjebak dalam hal-hal yang tidak penting sedangkan yang penting terabaikan. Mulailah memilah-milah mana yang penting dang mana yang tidak atau kurang penting. Kebiasaan mendahulukan yang penting akan membuat hidup efektif dan meningkatkan citra diri secara signifikan.

Bertindak
Bila sudah 3M:
-mempunyai pengetahuan,
-mempunyai tujuan yang hendak dicapai,
-mempunyai kesadaran mengenai apa yang harus dilakukan,
maka langkah selanjutnya adalah bertindak.
Biasakan untuk menghargai waktu, lawanlah rasa malas dengan bersikap aktif. Banyak orang gagal, karena hanya mempunyai dan tujuan tapi tidak mau melangkah atau bertindak.

Menabur benih
Prinsip tabur benih disini berlaku dalam kehidupan. Pada waktunya akan menuai yang ditabur.Bayangkan, betapa kayanya hidup bila selalu menebar benih kebaikan. Tapi sebaliknya, betapa miskinnya bila rajin menabur keburukan.

Hidup jujur
Tanpa kejujuran, kita nggak bisa menjadi pribadi yang utuh, bahkan bisa merusak harga diri dan masa depan sendiri. Mulailah membiasakan diri bersikap jujur walaupun mengandung resiko, dan kendalikan kebohongan sedikit demi sedikit.

Setelah kita memahaminya mulailah kita terapkan kebiasaan tersebut dalam kehidupan kita. Agar kita menjadi orang yang sukses. Amin..

1 komentar: